Sunday, October 23, 2016

14 Buah-Buahan yang Mengandung Serat Tinggi

 
Makanan berserat sangat diperlukan oleh tubuh terutama untuk membantu pencernaan. Terutama bagi yang sulit mendapatkan BAB, kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan serat. Namun terlalu banyak mendapatkan asupan serat perhari, kurang baik juga bagi tubuh. Ciri utama buah-buahan berserat tinggi adalah buah yang banyak mengandung air.

Berikut ini beberapa buah buahan yang berserat tinggi, ketahui buah apa saja dan berapa kandungan serat yang ada.

1. Semangka

Semangka mengandung serat sebanyak 0,3 gram per 100 gram bahan. Selain itu, semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan fosfor.
Semangka bisa dimanfaatkan untuk menguatkan daya tahan tubuh, memperlambat penuaan, mencegah kanker usus, mengatasi gangguan liver, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antikanker, sebagai anti-alergi, membantu menghilangkan kolik (sakit perut yang mendadak), mengatasi sariawan, menurunkan demam, sebagai antioksidan, dan sebagai diuretik (pembersih tubuh).




2. Alpukat
Alpukat termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat (2,2 gram per 100 gram bahan) ,sehingga bisa digunakan untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.
Alpukat hijau bermanfaat untuk menanggulangi anaemia, terapi kecantikan, dan membantu regenerasi sel darah merah.
Alpukat hijau juga bisa digunakan untuk mencegah malnutrisi karena kandungan lemaknya tinggi. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Selain serat dan lemak, avokad hijau juga mengandung protein, vitamin A, kalium, kalsium, dan magnesium.






3. Jambu Merah
Jambu biji merah mengandung serat tinggi dengan kadar 7,3 gram per 100 gram bahan.
Jambu biji merah cocok digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes millitus karena rendah kalori dan glukosa. Jambu biji merah juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antioksidan dan antikanker, mengatasi kanker, mengatasi sariawan, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan membersihkan darah. Jambu biji merah mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, dan magnesium.




4. Leci
Leci mengandung serat dengan kadar 1,6 gram per 100 gram bahan.
Daging buahnya mirip dengan buah lengkeng dan rambutan. Leci bisa digunakan untuk memperbaiki keadaan kulit. Penderita diabetes millitus sebaiknya tidak mengonsumsi buah leci karena kadar gulanya tinggi sehingga cepat menaikkan kadar glukosa darah. Leci mengandung beberapa beberapa zat gizi, diantaranya sukroko, glukosa, vitamin C, kalsium, magnesium, dan fosfor



5. Buah Naga
Kandungan serat dalam buah naga sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Selain serat, buah naga juga mengandung kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Buah naga juga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan gula darah, membantu mengatasi rematik dan asam urat, meningkatkan kesehatan organ penglihatan, membantu mengontrol kadar kolesterol darah. Kandungan serat dalam buah naga bisa digunakan untuk memperlancar proses pencernaan makanan dan mencegah konstipasi. Buah naga juga mengandung zat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk mencegah kanker.


1 comment:

  1. Hi! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I truly enjoy reading your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same subjects? Thanks a lot! netflix member login

    ReplyDelete

Labels